Zero

Jurnalis, Jurnalistik dan Blogger

Posted on: September 18, 2008

Membicarakan mengenai jurnalis, jurnalistik maupun blogger sekarang ini pasti tidak lepas dari berita. Ya, semua itu behubungan dengan berita. Jurnalis adalah orang yang mencari dan menulis berita. Mereka biasanya memuat artikel-artikel di media massa. Media massa yang dipakai biasanya surat kabar, berita di televisi dan berita di radio.

Sedangkan kalau jurnalistik adalah bentuk dari berita-berita yang ada di media massa. Menurut http://jurnalistikuinsgd.wordpress.com, definisi jurnalistik sangat banyak. Namun pada hakekatnya sama, para tokoh komunikasi atau tokoh jurnalistik mendefinisikan berbeda-beda. Jurnalistik secara harfiah, jurnalistik (journalistic) artinya kewartawanan atau hal-ihwal pemberitaan. Kata dasarnya “jurnal” (journal), artinya laporan atau catatan, atau “jour” dalam bahasa Prancis yang berarti “hari” (day) atau “catatan harian” (diary). Dalam bahasa Belanda journalistiek artinya penyiaran catatan harian. Istilah jurnalistik erat kaitannya dengan istilah pers dan komunikasi massa. Jurnalistik adalah seperangkat atau suatu alat madia massa. Pengertian jurnalistik dari berbagai literature dapat dikaji definisi jurnalistik yang jumlahnya begitu banyak. Namun jurnalistik mempunyai fungsi sebagai pengelolaan laporan harian yang menarik minat khalayak, mulai dari peliputan sampai penyebarannya kepada masyarakat mengenai apa saja yang terjadi di dunia. Apapun yang terjadi baik peristiwa factual (fact) atau pendapat seseorang (opini), untuk menjadi sebuah berita kepada khalayak. Jurnalistik adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan pencatatan atau pelaopran setiap hari. Jadi jurnalistik bukan pers, bukan media massa. Menurut kamus, jurnalistik diartikan sebagai kegiatan untuk menyiapkan, mengedit, dan menulis surat kabar, majalah, atau berkala lainnya.

Sedangkan blog adalah bentuk jurnalistik yang beredar di dunia internet, tetapi lebih bersifat personal karena dibuat oleh orang-orang yang punya account di situs blogger. Penulis blog disebut blogger, dan setiap pemilik blog mempunyai hak penuh atas blognya. Berita-berita di blog pun bermacam-macam jenisnya, tergantung dengan hobi atau pekerjaan pemilik blog nya. Bila pemiliknya adalah seorang penggemar mobil maka isi blognya biasanya juga seputar mobil, atau dengan penggemar badminton, maka isi blognya pun mengenai badminton. Isi suatu blog pun kadang bisa mengandung informasi yang bermanfaat, seperti berita-berita terkini, atau trend terkini yang belum tentu bisa didapatkan di koran, majalah atau televisi. Atau blog juga bisa menjadi sebuah catatan harian seseorang ataupun tempat curhat. Dari catatan harian atau curhat tersebut pengunjung bisa menaruh komentar di setiap artikelnya.
Sumber: http://jurnalistikuinsgd.wordpress.com

1 Response to "Jurnalis, Jurnalistik dan Blogger"

Menurut saya, blogger asalnya dari kata ‘web blog’ plus ‘er’ yang menunjukkan kata benda. jadi blogger bukan jurnalistik tapi jurnalis. artinya kira2 orang yg mengelola web blog atau semacam itu deh.

moga bisa jadi jurnalis handal besok2 yahhh….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: