Zero

Media Penyimpan Data

Posted on: November 23, 2008

8_inch_floppy1Floppy 8 Inch
Awal tahun 1967 markas IBM yang berada di San Jose, California memulai proyek media penyimpan data yang sederhana. Proyek ini dipegang oleh David Noble dibawah arahan Alan Shugart. Hasilnya adalah floppy berukuran 8 inci yang dinamakan “Memory Disk” mampu menyimpan data sebesar 80 kilobyte. Tahun 1973, IBM merilis versi baru floppy untuk 3740 Data Entry System. Sistem yang baru ini memungkinkan menyimpan data hingga 256 Kb. Akhirnya produk ini dirilis secara masal, tetapi karena harganya yang mahal floppy ini kurang laku di pasaran.

floppy8Floppy 5 1/4 Inch
Tahun 1976, salah satu karyawan Shugart yang bernama Jim Adkinson melakukan pengembangan floppy disk karena produk sebelumnya dianggap memiliki ukuran yang terlalu besar. Hasilnya adalah Minifloppy 5 1/4 inci yang sanggup memuat data sebesar 110 Kb. Biaya produksi 5 1/4 inch lebih murah dibandingkan seniornya dari IBM. Ditahun yang sama Tandon mencoba menggandakan kapasitas minifloppy menjadi 360 Kb. Karena saat itu belum ada hard drive, maka sistem operasi berada dalam disket. Tahun 1984 kapasitas nya ditingkatkan menjadi 1,2 Mb dan menjadi ukuran standar hingga hilang dari peredaran sekitar tahun 1990.

floppyFloppy 3 1/2 Inch
Berawal dari Apple yang merasakan keterbatasan akan Floppy 5 1/4 inch. Kemudian Apple memilih format Sony 90 x 94 mm untuk komputer Macintosh pada tahun 1984, yang kemudian menjadi standar format disket di Amerika. 3 1/2 inch dibungkus lapisan metal yang memungkinkan tidak terjadi goresan pada saat disket dimasukkan ke drivenya.
3 1/2 inch juga mengalami evolusi. Awalnya microfloppy hanya memuat 360 Kb single sided dan 720 Kb double sided. Pertengahan tahun 1980, diperkenalkan format baru yaitu “High Density (HD)” dengan kapasitas 1,44 Mb. Baru pada tahun 1987 tipe HD mulai dipakai oleh komputer IBM, sedangkan Apple menggunakannya setahun kemudian pada Macintosh ILX. Tahun 1991 kapasitas 3 1/2 inch dikembangkan menjadi 2,88 Mb.
Inovasi terus berlanjut hingga tahun 1995 ketika Matsushita atau Panasonic merilis drive “Super Disk”, yang mampu menyimpan data hingga 120 Mb bahkan sempat di upgrade sampai 240 Mb. Sayang popularitasnya tidak bertahan karena kalah bersaing dengan Zip Drive.

minidiscMinidisc
Teknologi Minidisc ditemukan oleh Sony pada tahun 1991 yang digunakan untuk menyimpan berbagai data khususnya audio. Baru pada tahun 1993 Sony meluncurkan MD Data generasi baru yang berguna menyimpan data dari komputer. Tapi keberadaannya sampai saat ini kurang diminati.

zip_250mb_usb_drive_mediaZip Drive
Zip Drive adalah sistem penyimpanan data yang removeable. Diperkenalkan oleh Iomega Company akhir 1994. Bentuknya mengadopsi produk yang dibuat Iomega sebelumnya yang bernama Bernoulli Box System. Kapasitas simpan Zip Drive 100 Mb. Saat itu Zip Drive tergolong sukses karena mampu menyimpan data relatif besar. Kemudian Iomega meningkatkan kapasitas Zip Drive menjadi 250 Mb dan 750 Mb.

cd_romCD ROM
CD ROM atau Compact Disc Read Only Memory adalah media penyimpan yang memiliki format seperti Compact Disc audio. CD ROM generasi pertama memiliki kecepatan 1x, yang berarti data yang bisa ditransfer dalam 1 detik adalah 150 Kb. Sebagai media penyimpan data CD ROM bisa memuat 650 – 700 Mb. Tahun 1988 perusahaan Jepang Taiyo Yuden berhasil menemukan prototipe CD-R yang mulai diproduksi pada tahun 1994. Sampai kini CD ROM dibagi menjadi dua yaitu CD-R dan CD-RW yang bisa dipakai ulang.

2007dvd1DVD ROM
DVD adalah singkatan dari Digital Versatile Disc. Versi pertama yang muncul adalah hasil garapan 10 perusahaan yang tergabung dalam DVD Forum atau DVD Consortium. Bulan November 1996 dirilis secara resmi DVD Player pertama di Jepang, dan Amerika pada bulan Maret 1997.
DVD ROM juga terbagi dalam dua macam yaitu DVD R dan DVD RW. Tanda hubung yang menyertainya adalah tanda jenis pabrikan. Tanda (+) berarti keluaran DVD Forum (DVD+R, DVD+RW), sedangkan tanda (-) menandakan DVD buatan Alliance (DVD-R, DVD-RW). Perbedaannya adalah masalah harga dan lisensi. Meskipun demikian, teknologi yang digunakan keduanya sama. Kecepatan transfer data yang bisa dilakukan DVD ROM sekitar 21,09 Mb per detik. Dengan kapasitas maksimal 16 Gb.

multimedia-cardsd_cardMulti Media Card dan Secure Digital
Secure Digital (SD) adalah sebuah format kartu memori flash. Dia digunakan dalam alat portabel, seperti PDA, kamera digital dan telepon genggam. Kartu SD dikembangkan oleh SanDisk, Toshiba, dan Panasonic berdasarkan Kartu Multi Media (MMC) yang sudah lebih dulu ada. Selain memiliki sistem pengaman yang lebih bagus daripada MMC, SD Card juga bisa dengan mudah dibedakan dari MMC karena memiliki ukuran yang lebih tebal dibanding kartu MMC standar. Kartu SD standar memiliki ukuran 32 mm x 24 mm x 2,1 mm, tetapi ada beberapa kartu SD yg setipis MMC (1,4 mm). Dalam perkembangannya, kartu SD diproduksi juga dalam dua variasi ukuran yg lebih kecil, kedua varian tersebut dikenal dengan nama MiniSD dan MicroSD atau TransFlash (T-Flash). Secara umum, kartu SD dibedakan dari kecepatan transfer data yang tersedia, yaitu kecepatan biasa (150 Kb per detik) dan kecepatan tinggi. Beberapa kamera digital memerlukan kartu yang berkecepatan tinggi untuk merekam video secara lancar atau menangkap gambar berturut-turut.
Alat yang dilengkapi dengan slot SD dapat menggunakan kartu MMC yang lebih tipis, tetapi kartu SD standar tidak dapat digunakan ke slot kartu MMC yang lebih tipis. Kartu SD dapat digunakan dalam slot CompactFlash atau kartu PC dengan sebuah adapter.

usb_flash_disk_u172p_2gbUSB Flash Disk
Floppy disk termasuk pheriperal yang bertahan cukup lama. Keberadaan CD-RW yang jauh lebih murah ketimbang floppy disk masih belum mampu menggusurnya. Alasannya tidak semua orang memiliki writer, dan ukuran CD relatif lebih besar daripada floppy disk. Padahal dengan uang seharga floppy disc, kita bisa mendapatkan CD-R hingga 3 keping. Selain itu CD-R/RW juga jauh lebih awet daripada floppy. Walau floppy selamat dari serangan CD ROM namun tampaknya floppy tergusur oleh USB flash disk.
Flash disk memiliki bentuk yang jauh lebih kecil ketimbang disket, tingkat ketahanannya juga jauh lebih bagus ketimbang disket dan CD. Untuk menulis dan membaca flash disk hanya diperlukan port USB, tidak perlu drive khusus. Flash disc memilik peluang menggusur keberadaan CD karena beberapa flash disk memiliki kapasitas yang lebih besar daripada CD dan harganya relatif terjangkau.

hd-dvd_disc_30gbHD-DVD
HD-DVD adalah singkatan dari High Definition Digital Versatile Disc, sebuah format DVD berkepadatan tinggi yang di desain untuk menyimpan data termasuk video definisi tinggi (High Definition Video).
HD-DVD dirancang untuk menggantikan format DVD. HD-DVD dapat menampung data sebanyak tiga kali data yang ditampung DVD (15 GB per lapis berbanding 4,7 GB). Standar HD-DVD dikembangkan oleh Toshiba dan NEC. Pada 19 November 2003, DVD Forum turut mendukung HD-DVD sebagai penerus standar definisi tinggi. Pada pertemuan tersebut disepakati untuk menggunakan nama HD-DVD yang sebelumnya dinamai AOD (Advanced Optical Disc).
Sejak awal HD-DVD telah terlibat dalam “perang format” video berdefinisi tinggi dengan Blu-Ray yang dikembangkan Sony. Setelah beberapa perusahaan film dan peritel besar mulai mengakhiri dukungan terhadap format HD-DVD ini pada awal 2008, pada 19 Februari 2008 Toshiba mengumumkan akan mengakhiri produksi dan pengembangan HD-DVD sehingga secara langsung menyudahi perang format tersebut.

blue-ray-discBlu-Ray
Blu-Ray adalah media penyimpan data yang dikeluarkan oleh Sony. Satu keping Blu-Ray disc single layer bisa menampung 25 Gb. Sementara untuk dual layer 50 Gb. Sekarang sedang dikembangkan dalam format quad layer dengan kapasitas 100 Gb. Blu-Ray recorder pertama telah dirilis oleh Sony pada 3 Maret 2003. Sementara Samsung dan JVC mengumumkan tengah melakukan produksi masal di Berlin. Saingan terberat Blu-Ray adalah HD-DVD yang dikenal dengan nama AOD (Advance Optical Disc), sebuah nama storage yang dibuat oleh Toshiba dan NEC.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: